BI memangkas suku bunga acuan, IHSG menguat ke 5. 594, 06

Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Wahyu T. Rahmawati

LANGSUNG. CO. ID –  JAKARTA. Indeks Harga Saham Ikatan (IHSG) kembali merangkak naik serta menguat 36, 54 poin atau 0, 66% ke level 5. 594, 06 pada penutupan perdagangan Kamis (19/11).

Penguatan IHSG didorong oleh sektor konstruksi dan properti yang naik hingga 2, 34%, sektor tambang menguat 1, 38%, sektor barang konsumsi melesat satu, 22%, sektor perkebunan tumbuh 1, 07%, dan sektor keuangan terbang 0, 65%.

Analis Sucor Sertifikat Hendriko Gani menjelaskan, sentimen sebab dalam negeri mendominasi pergerakan IHSG pada hari ini. Dia sejumlah, pelaku pasar merespons positif keputusan Bank Indonesia (BI) yang memotong suku bunga acuan sebesar 25 basis points menjadi 3, 75%.

Hendriko memandang pergerakan IHSG buat perdagangan Jumat (20/11) akan minim sentimen  dan diramal IHSG akan menguji resistance di level 5. 600-5. 613 dengan support pada level 5. 520-5. 527.

Mengucapkan Juga: Indeks saham syariah menguat, analis sarankan pilih saham yang belum banyak rally

“Investor mampu hold saham-saham yang masih berada di dalam fase uptrend , ataupun mencari saham-saham second liner yang masih lagging untuk entry ke market , ” ungkap Hendriko, Kamis (19/11).

Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana menambahkan, penurunan suku bunga acuan akan memberikan efek positif untuk emiten properti  serta perbankan. Selain itu, sambungnya, masuknya investor asing juga masih besar terhadap pergerakan IHSG.

Pada perdagangan hari ini, investor asing mencetak beli bersih Rp 303, 13 miliar di seluruh pasar. Pada lain sisi, pergerakan IHSG ini dipimpin oleh sektor barang penggunaan dengan saham rokok. “Kami perkirakan hal tersebut dipengaruhi oleh pemerintah yang mempertimbangkan untuk tidak menimbulkan cukai rokok di 2021, ” kata Herditya.

Mengaji Juga: IHSG bangkit lima hari berturut-turut hingga Kamis (19/11), akumulasi sepekan 2, 48%

Herditya memperkirakan pergerakan IHSG akan cenderung menguat terbatas dengan support 5. 530 dan resistance di 5. 610 pada perdagangan Jumat (20/11). Salah satu hati yang akan mewarnai pergerakan IHSG ada defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD) kuartal III-2020.

Herditya menyarankan pelaku pasar untuk berhati-hati akan adanya koreksi di IHSG dan dapat realisasikan profit terlebih dahulu.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Sokongan Anda akan menambah semangat awak untuk menyajikan artikel-artikel yang bernas dan bermanfaat.

Jadi ungkapan terimakasih atas perhatian Kamu, tersedia voucer gratis senilai sokongan yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong9deng –>
PROYEKSI IHSG

gong9deng –>