BI: Pelaksanaan LCS dengan China sudah dalam tahap final

Reporter: Bidara Pink | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN. CO. ID – JAKARTA . Bank Indonesia (BI) tengah menjajaki penyelesaian kerja sama transaksi perdagangan bilateral dan investasi tepat atau local currency settlement (LCS) secara People’s Bank of China (PBoC).

“Langkah operasionalisasi dalam tahap final dan pada waktunya, akan ana update perkembangan lebih lanjut, ” ujar Gubernur BI Perry Warjiyo, Kamis (17/12) via video conference.

Perry menambahkan, selain dengan China, BI bahkan telah menyelesaikan pedoman maupun pelaksanaan operasional dengan bank sentral Jepang. “Saat ini tinggal saya lakukan komunikasi dan sosialisasi dengan perbankan dan dunia usaha, ” tambahnya.

Baca Juga: BI prediksi kemajuan ekonomi tahun ini bakal -1% sampai -2%

Perry menyebut, lewat kerja setara LCS, kedua negara akan mengurangi ketergantungan terhadap dollar Amerika Konsorsium (AS). Menurutnya, semakin tinggi penerapan LCS untuk menyelesaikan transaksi perniagaan dan investasi, maka ketergantungan besar negara akan dollar semakin menyusut.

Selain dengan China dan Jepang, BI rupanya sudah merealisasikan perjanjian kerja sama LCS juga dengan Bank Negara Malaysia dan Bank of Thailand.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah watak kami untuk menyajikan artikel-artikel dengan berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas mengindahkan Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong11deng –>
BANK INDONESIA / BI

gong11deng –>