BI: Penjualan eceran terkontraksi 12, 3% yoy pada Juli

Reporter: Widara Pink | Editor: Yudho Winarto

KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Penjualan eceran pada Juli 2020 masih mencatat kontraksi. Menurut buatan survei penjualan eceran Bank Nusantara (BI), penjualan eceran terkontraksi 12, 3% yoy.

Meski masih menjalani kontraksi, kontraksi ini membaik lantaran bulan sebelumnya yang sebesar   minus 17, 1% yoy.

Patuh bank sentral, perbaikan penjualan berlaku pada hampir seluruh kelompok komoditas yang disurvei, dengan penjualan dalam kelompok makanan, minuman, dan tembakau mengalami kontraksi paling rendah, yakni minus 1, 9% yoy.

“Hal itu sejalan dengan peningkatan gaya beli masyarakat dan implementasi penyesuaian kebiasaan baru (AKB), ” ujar bank sentral dalam laporan dengan diterima Kontan. co. id, (9/9).

Baca Juga: Central Bank: Indonesia retail sales fall at slower mengkudu in July

Ke depan, kinerja penjualan eceran diperkirakan akan terus membaik dalam Agustus 2020 ditopang hampir segenap kelompok barang. Pertumbuhan IPR Agustus 2020 diperkirakan akan minus 10, 1% yoy, atau membaik daripada bulan sebelumnya.

Penjualan kelompok makanan, minuman, dan tembakau juga diperkirakan akan mulai tumbuh positif pada  bulan Agustus 2020. Sementara klan barang lainnya diperkirakan juga merasai perbaikan meski dalam fase pengurangan, kecuali kelompok barang perlengkapan keluarga lainnya.

Dari sisi harga, lagu inflasi pada 3 dan enam bulan mendatang diperkirakan mulai menyusun. Indikasi peningkatan harga tersebut terlihat dari Indeks ekspektasi Harga Umum (IEH) 3 bulan yang sebesar 131, 5 dan IEH enam bulan yang sebesar 156, 1.

“Responden memperkirakan kenaikan harga itu dipengaruhi gangguan distribusi barang & jasa seiring dengan masuknya musim hujan, ” tandas bank sentral.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menaikkan semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih arah perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong9deng –>
MAKROEKONOMI

gong9deng –>