Hattrick! Neraca dagang RI surplus tiga bulan berturut-turut

Reporter: Bidara Pink | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA . Neraca perdagangan Indonesia balik mencetak untung pada bulan Maret 2021. Badan Pusat Statistik (BPS) merilis, neraca dagang pada bulan ketiga tahun ini tersebut merasai surplus sebesar US$ satu, 57 miliar.  

Kepala BPS Suhariyanto mengucapkan, ini merupakan surplus ketiga di tahun ini. Sekedar mengingatkan, neraca dagang Februari 2021 juga tercatat surplus US$ 1, 99 miliar dan pada Januari 2021 surplus capai US$ 1, 96 miliar.  

Suhariyanto menyebut, surplus pada kamar Maret 2021 ini cukup spesial. Pasalnya, surplus penimbang dagang diikuti dengan peningkatan baik dari sisi ekspor maupun impor, dari kamar sebelumnya maupun periode yang serupa tahun 2020.  

“Pun kalau dilihat dengan sektoral atau dari penerapan barangnya, performa ekspor memasukkan pada Maret 2021 juga sangat baik, impresif, masa dibandingkan dengan tahun morat-marit, ” jelas dia, Kamis (15/4).  

Baca Juga: Neraca perdagangan Nusantara pada Maret 2021 surplus US$ 1, 57 miliar

Terperinci, ekspor Indonesia dalam bulan Maret 2021 tercatat US$ 18, 35 miliar atau tumbuh 30, 47% secara tahunan (yoy). Kemajuan ini didorong oleh pengembangan ekspor yang tinggi indah dari sektor pertanian, pabrik, maupun tambang.  

Sementara impor Indonesia di bulan Maret 2021 tercatat US$ 16, 79 miliar atau tumbuh 25, 73% yoy. Pendorongnya adalah kenaikan impor barang konsumsi, bahan penolong, maupun barang simpanan.  

Ke depan, ia berharap agar performa baik ekspor maupun memasukkan pada bulan Maret 2021 ini bisa berlanjut pada bulan-bulan selanjutnya, yang pula menunjukkan bahwa perbaikan ekonomi makin nyata.  

 

 

DONASI, Dapat Voucer Percuma!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih tempat perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi dengan bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong9deng –> gong9deng –>
NERACA DAGANG

gong9deng –>