IHSG berpotensi lanjut menguat pada perdagangan Rabu (11/11), cermati sentimennya

Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA. Indeks Harga Bagian Gabungan (IHSG) berhasil menguat 106, 73 poin atau 1, 99% ke 5. 462, 74 di akhir perdagangan Selasa (10/11).

Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana mengutarakan, pergerakan IHSG pada hari itu masih didominasi oleh sentimen global. Penguatan IHSG juga mengekor pergerakan bursa global dan regional Asia yang bergerak di zona muda pada hari ini.

“Kemudian ada berita atas keberhasilan 90% vaksin Covid-19 dan penguatan rupiah kepada dolar AS, ” katanya kala dihubungi Kontan. co. id, Selasa (10/11).

Sebagai informasi, pergerakan rupiah di pasar spot masih perkasa hingga akhir perdagangan hari itu. Selasa (10/11), rupiah spot ditutup di level Rp 14. 058 per dolar Amerika Serikat (AS). Ini membuat rupiah menguat tipis 0, 05% dibanding penutupan Senin (9/11) di Rp 14. 065 per dolar AS.

Untuk perniagaan Rabu (11/11), ia meramal pergerakan IHSG masih berpeluang menguat terbatas untuk menguji area 5. 498 sekaligus menutup gap yang ada, namun tetap perhatikan akan adanya potensi koreksi di IHSG ke arah terdekat 5. 380-5. 400.

Baca Juga: IHSG menguat 1, 99% ke 5. 462 pada perniagaan Selasa (10/11), asing borong saham bank

Dia menyarankan, para pelaku pasar untuk merealisasikan profit terlebih dahulu, trading bisa dalam jangka pendek dulu.

Analis Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan juga menjelaskan, rally penguatan IHSG diperkirakan masih dapat berlanjut pada perniagaan Rabu (11/11). Ia menuturkan, resisten IHSG berada di 5. 500 dan support di level 5. 350.

Perkiraan ini salah satunya didasari pertimbangan teknikal, yaitu resistance breakout pada perdagangan Selasa (10/11) yang didukung oleh volume transaksi dengan relatif tinggi. Selain itu, Investor Asing juga mencatatkan net buy hingga Rp 2, 24 triliun pada perdagangan Selasa (10/11).

Dengan sektoral, ia merekomendasikan pelaku rekan untuk perhatikan potensi rally penguatan pada saham-saham infrastructure related bagaikan WIKA, WSKT, PTPP, JSMR dan SMGR dan Bank seperti BBNI, BBRI, dan BMRI pada perniagaan Rabu (11/11).

“Salah satu hati yang berpotensi menjadi mover IHSG, tercatat saham-saham tersebut adalah Rancangan Susunan Pemerintah (RPP) tentang Lembaga Pengelola Investasi (LPI) yang merupakan periode dari petunjuk teknis pelaksanaan UNDANG-UNDANG No 11/2020 tentang Cipta Kerja. RPP tersebut telah diunggah dalam laman uu-ciptakerja. go. id, ” ungkap Valdy dalam rilisnya, Selasa  (10/11).

 

PEMBERIAN, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai peribahasa terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong9deng –>
PROYEKSI IHSG

gong9deng –>