Jokowi menyiapkan posisi wakil menteri Ketenagakerjaan dan wakil menteri Koperasi UKM

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Handoyo.

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA. Kepala Joko Widodo menyiapkan posisi Pengantara Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) dan Pemangku Menteri Koperasi dan UKM.

Hal itu tercantum dalam dua Persturan Presiden (Perpres) yang telah diteken oleh Jokowi. Antara lain ialah Perpres 95 tahun 2020 mengenai Kementerian Ketenagakerjaan serta Perpres cetakan 96 tahun 2020 tentang Kementerian Koperasi dan UKM.

“Dalam memimpin Kementerian Ketenagakerjaan, Menteri dibantu sebab Wakil Menteri sesuai dengan penetapan Presiden, ” tulis pasal 2 ayat 1 Perpres 95/2020.

Situasi serupa juga tertulis dalam Perpres pasal 2 ayat 1 Perpres 96/2020. Bahwa dalam memimpin Kementerian Koperasi dan UKM, Menteri dibantu oleh Wakil Menteri sesuai secara penunjukan Presiden.

Jabatan wakil menteri akan diangkat dan diberhentikan oleh presiden. Nantinya wakil menteri yang bertugas dalam perumusan dan/atau pengamalan kebijakan tersebut akan bertanggung tanggungan kepada menteri.

Mengucapkan Juga: Presiden Jokowi bakal angkat dua wakil gajah baru, di pos mana selalu?

Dengan disiapkannya posisi tersebut, akan menambah rangkaian pejabat dalam Kabinet Indonesia Maju. Sebelumnya sejumlah kementerian telah memiliki wakil menteri.

Antara lain ialah Kementerian Luar Negeri, Kementerian Keuangan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian ATR/BPN, Kementerian Tempat Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif, serta Kementerian BUMN yang memiliki dua orang pengantara menteri.

Sementara itu ada juga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan telah memiliki aturan posisi wakil menteri namun belum ada penunjukkan hingga saat ini. Selain dalam kementerian, posisi wakil juga disiapkan Jokowi untuk Kepala Staf Presiden dan Panglima TNI.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menaikkan semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih pada perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa dimanfaatkan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong9deng –>
WAKIL GAJAH

gong9deng –>