Jubir Vaksinasi: Seluruh vaksin yang disediakan Bio Farma gratis

Sumber: Kompas. com | Editor: Wahyu T. Rahmawati

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA. Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan jenis vaksin Covid-19 yang diberikan secara percuma untuk masyarakat. Menurut dia, segenap vaksin Covid-19 yang disediakan oleh PT Bio Farma adalah percuma.  

“Semua vaksin (Covid-19) dengan nanti kita dapatkan dari buatan penyediaan Bio Farma diberikan dengan gratis, ” ujar Nadia saat dikonfirmasi Kompas. com, Sabtu (19/12). “Semua jenis vaksin karena yang bertugas menyediakan adalah Bio Farma, ” lanjutnya.  

Dia menambahkan, vaksin Covid-19 akan diberikan dengan gratis kepada masyarakat di sarana pelayanan kesehatan (fasyankes) pemerintah. Kemudahan kesehatan itu meliputi Puskesmas, RSUD, RS Pusat dan RS BUMN. “Sementara skema dengan fasyankes yang lain masih dimatangkan pelaksanaannya, ” kata Nadia.  

Sebelumnya, Nadia mengutarakan vaksin Covid-19 diberikan gratis kepada masyarakat dan tanpa syarat apapun. Nadia juga menegaskan, vaksin itu juga tidak terkait dengan kedudukan atau keaktifan individu di BPJS Kesehatan.  

Membaca Juga: WHO: Penuh negara di Asia Pasifik hangat dapat vaksin pertengahan 2021

“Dapat kami tegaskan bahwa vaksin Covid-19 gratis buat masyarakat, tanpa persyaratan apapun. Serupa tanpa persyaratan keanggotaan, keaktifan pada BPJS Kesehatan, ” ujar Nadia dikutip dari tayangan konferensi pers di kanal YouTube FMB 9, Jumat (18/12).  

Nadia menyuarakan, program vaksinasi Covid-19 adalah pengutamaan pemerintah yang akan dilaksanakan secara bertahap setelah dikeluarkannya izin penerapan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan rekomendasi dibanding Majelis Ulama Indonesia. “Serta berbarengan dengan ketersediaan vaksin, ” tambah Nadia.  

Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa pemerintah akan menggratiskan semua vaksin Covid-19. Keputusan tersebut diambil setelah para pemangku keinginan menerima banyak masukan dari bangsa dan mengalkulasi ulang keuangan negeri.  

Baca Juga: Pakar imunisasi beberkan kesiapan distribusi vaksin Covid-19 hingga ke pelosok

“Jadi setelah menerima banyak bukti dari masyarakat dan setelah mengabulkan kalkulasi ulang, melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat hamba sampaikan bahwa vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah gratis. Sekali sedang gratis, tidak dikenakan biaya cocok sekali, ” kata Jokowi melalaikan tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (16/12).

Artikel ini telah membawa di Kompas. com dengan tajuk Jubir Vaksinasi: Seluruh Vaksin yang Disediakan Bio Farma Gratis.
Penulis: Dian Erika Nugraheny
Editor: Krisiandi

Mengucapkan Juga: Ini daftar orang yang tidak bisa divaksin Covid-19

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas menghiraukan Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong9deng –>
VAKSIN CORONA

gong9deng –>