Kabar baik dari Bio Farma: Vaksin Covid-19 buatan RI bisa ada 2022

Sumber: Kompas. com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN. CO. ID – JAKARTA . Ini merupakan kabar molek di tengah meningkatnya kasus pandemi corona. Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir menyebut, vaksin lokal Covid-19 akan tersedia untuk masyarakat pada awal atau rata-rata 2022.

Honesti menyebut, uji pra klinis vaksin baru akan dilakukan pada kuartal kedua 2021. Cerai-berai uji klinis dilakukan pada kuartal ketiga 2021.

“Apabila hasil uji klinis bagus, vaksinnya akan ada untuk masyarakat pada kuartal prima 2022 atau pertengahan 2022, ” ujar Honesti dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube Tata usaha Presiden, Kamis (16/7/2020).

Baca Juga: Siap penyedia vaksin, Pefindo tegaskan peringkat Bio Farma di idAAA

Menurut Honesti, pengembangan vaksin ini dilakukan Bio Farma di bawah konsorsium nasional yang dibentuk Badan Riset dan Pembaruan Nasional (BRIN). Selain Bio Farma, konsorsium nasional ini terdiri lantaran Eijkman Institute, kementerian dan lembaga terkait, serta perguruan tinggi.

Tetapi, tak hanya mendukung produksi vaksin dalam negeri, Bio Farma selalu bekerja sama dengan perusahaan preman asal China Sinovac Biotech Ltd. Honesti memperkirakan vaksin yang dikembangkan bersama Sinovac ini akan ada lebih cepat.

Menangkap Juga: Bio Farma Kebut Produksi Alat Tes Virus Corona (Covid-19)

Sebab, proses uji klinis fase I/II sudah dimulai di China pada Juni lalu. Uji klinis itu tidak menemukan efek tepi yang parah dan menghasilkan respons kekebalan pada 743 relawan. Menurut Honesti, uji klinis juga mau segera dilakukan di Indonesia.

Tulisan ini telah tayang di Petunjuk. com dengan judul “Bio Farma: Vaksin Covid-19 Buatan RI Bisa Tersedia 2022”
Penulis: Ihsanuddin
Editor: Krisiandi

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Sokongan Anda akan menambah semangat awak untuk menyajikan artikel-artikel yang berisi dan bermanfaat.

Jadi ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai derma yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong14deng –>
VIRUS CORONA

gong14deng –>