Kamar November terjadi inflasi 0, 28%, indikator awal daya beli menyusun

Reporter: Bidara Pink | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN. CO. ID – JAKARTA . Badan Was-was Statistik (BPS) mencatat, laju inflasi pada bulan November 2020 sejumlah 0, 28% mom. Dengan demikian, inflasi tahun kalender (Januari 2020 – November 2020) tercatat sejumlah 1, 23% ytd dan inflasi tahunan sebesar 1, 59% yoy.

Ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual melihat, terjadinya inflasi ini merupakan indikator awal kalau perekonomian sudah mulai berjalan.

“Daya beli perlahan meningkat. Aktivitas ekonomi masyarakat berpendapatan menengah bawah serta usaha UMKM juga membaik, biar yang menengah atas masih mengerem belanja non esensial, ” perkataan David kepada Kontan. co. id, Selasa (1/12).

Selain datang dari sisi permintaan, David juga melihat, inflasi memang disebabkan oleh penambahan harga-harga, terutama dari sisi nilai kelompok makanan, minuman, juga tembakau.

Baca Juga: Terjadi inflasi 0, 28% mom, BPS ingatkan efek musim hujan pada inflasi

Peningkatan harga tersebut pula didorong oleh musim hujan. Buat itu, David mengimbau pemerintah langgeng waspada untuk mengontrol jalur pembagian sehingga inflasi yang meningkat tak melonjak melebihi target yang dipatok.

“Apalagi pusat distribusi kan pada Jakarta dan Surabaya. Ini menetapkan dijaga. Karena Surabaya kan buat daerah Timur dan Jakarta untuk distribusi ke daerah Barat. Terpangkal, jangan sampai melonjak di luar target, ” kata David.

Selain datang dari sisi permintaan & produksi, David juga mengatakan, inflasi ini didorong oleh rupiah yang cenderun stabil dan menguat.

Di dalam bulan Desember 2020, David memperhitungkan adanya peluang peningkatan inflasi, makin mengingat ada faktor musiman berupa libur Natal dan Tahun Segar yang biasanya mengungkit permintaan.

Taat David, kalau di kondisi umum biasanya inflasi Desember bisa pada kisaran 0, 5% mom, tetapi pada tahun ini akan berkecukupan di bawah 0, 5% mom, atau di kisaran 0, 3% mom.

David melihat, potensi inflasi di keseluruhan tahun 2020 mampu berada di batas bawah target sasaran BI yang sebesar 3% plus minus 1%.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih tempat perhatian Anda, tersedia voucer percuma senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong9deng –>
DATA INFLASI

gong9deng –>