Kejadian corona tembus 17. 000, Kepala Korea: Hukum ditegakkan termasuk penangkapan

Sumber: Yonhap, Yonhap | Editor: S. S. Kurniawan

KONTAN. CO. ID –  SEOUL. Pemerintah Korea Selatan meminta otoritas kesehatan untuk bertindak tegas terhadap langkah apa pun yang menghalangi upaya  untuk mengekang penyebaran virus corona baru.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menyerukan “tindakan tegas” termasuk tuntutan pidana, bagi siapa saja yang mencoba “menghambat studi epidemiologi”.

“Jika perlu, hukum yang relevan harus ditegakkan, termasuk penangkapan di lokasi atau mencari surat perintah penangkapan, ” katanya, Jumat (21/8), seperti dikutip kantor berita Yonhap.

Pernyataan Moon muncul setelah kira-kira gereja lokal tidak mau bekerjasama dengan upaya pemerintah untuk membuntuti dan mengisolasi pasien potensial Covid-19.

Baca Juga: Gereja Sarang Jail maka pusat penyebaran corona, pemerintah Korea cari daftar anggota

Pejabat kesehatan mengunjungi was-was Gereja Sarang Jeil di Seoul pada Kamis (20/8) malam untuk mengamankan daftar lengkap jemaatnya. Tetapi, mereka kembali dengan tangan hampa pada dini hari keesokan harinya, setelah lebih dari 10 tanda konfrontasi dengan pejabat gereja.

Gereja Sarang Jeil telah menjadi kluster terbesar kedua setelah wabah di Gereja Shincheonji Yesus, dengan 732 kasus terlacak. Pihak berwenang yakin daftar yang diberikan gereja tidak lengkap.

Pendeta Jun Kwang-hoon lantaran Gereja Sarang Jeil mengambil periode dalam demo anti-pemerintah yang dihadiri oleh sekitar 20. 000 karakter di Gwanghwamun Square, pusat Kota Seoul, 15 Agustus lalu, menyelenggarakan jemaat gereja dan pengikut politiknya dari seluruh negeri.  

Tak diketahui secara pasti, berapa jumlah jemaat Gereja Sarang Jeil dengan berpartisipasi dalam unjuk rasa tersebut. Yang jelas, Jun dan kira-kira pembantunya dinyatakan positif terjangkit virus corona setelah demo itu.

Baca Juga: Melonjak lagi, Korea Selatan laporkan 324 kasus virus corona pertama pada Jumat (21/8)


–> Video Pilihan gong17deng –>
KOREA SELATAN

gong17deng –>