Masih sedikitnya RDTR dinilai akan me investasi di daerah

Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Handoyo.

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA . Menteri Pertanian Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil mengakui, mematok saat ini banyak daerah telah memiliki Rencana Tata Ruang Daerah (RTRW). Namun, untuk RDTR segar beberapa daerah yang memiliki.

“Tata ruang masih ada permasalahan yang dihadapi. RTRW sudah banyak, namun masih ada yang buruk dan ada juga yang bagus. Untuk RDTR, masih sedikit sekali, padahal ini ke depan akan menfasilitasi hadirnya investasi ke negara kita, ” kata Sofyan dalam bukti tertulisnya, Senin (7/12).

Sofyan menyebut, ketiadaan RDTR di berbagai wilayah sangat berpengaruh dengan perkembangan semacam kota/kabupaten. Padahal, penciptaan RDTR pada berbagai daerah yang memiliki karakter baik dapat menciptakan kota/kabupaten yang ramah bagi penduduknya.

Baca Juga: Integrasi data pertanahan akan dongkrak status kemudahan berbisnis Indonesia

Ia mencontohkan, ketiadaan RDTR bisa menyebabkan kota-kota besar di Indonesia tidak mempunyai taman tanah air. Ketiadaan taman kota membuat praja menjadi tidak ramah bagi penduduknya, sangat berbeda dari kota-kota dalam luar negeri.

“Efek paling jelas adalah banjir, yang salah satunya adalah tidak adanya konsistensi implementasi tata ruang dalam pembangunan pada kota-kota besar, ” ungkap tempat.

Lebih lanjut, Sofyan meyakini lewat Undang-Undang Cipta Kerja, mampu memajukan penciptaan Rencana Detail Tata Kawasan (RDTR) guna mendorong kepastian investasi, yang efeknya menciptakan lapangan kegiatan baru bagi masyarakat. Apalagi, di masa depan tata ruang mau menjadi panglima dalam menciptakan keyakinan dalam berusaha.

“RDTR akan termuat dalam Online Single Submission (OSS). RDTR yang sudah ada hendak disinkronkan dengan OSS, sehingga investor akan mengetahui di mana nantinya ia akan membuka usahanya, ” ujar Sofyan.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Sokongan Anda akan menambah semangat awak untuk menyajikan artikel-artikel yang berisi dan bermanfaat.

Jadi ungkapan terimakasih atas perhatian Kamu, tersedia voucer gratis senilai dana yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong9deng –>
REFORMA AGRARIA

gong9deng –>