Pada sepekan, rupiah menguat tipis 0, 05% ke Rp 14. 865 per dolar AS

Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Herlina Kartika Buah hati

KONTAN. CO. ID kepala JAKARTA. Pada perdagangan Jumat (2/10) rupiah mencatatkan pelemahan. Di pasar spot, rupiah ditutup melemah 0, 2% ke lapisan Rp 14. 865 per dolar Amerika Serikat (AS). Sementara bila dihitung dalam sepekan, rupiah masih menguat tipis 0, 05%.

Tidak hanya di pasar spot, pada hari ini rupiah di kurs tengah Bank Indonesia juga melemah setelah ditutup di level Rp 14. 890 per dolar AS atau terkoreksi 0, 09%. Kendati demikian, dalam sepekan, rupiah lulus menguat 0, 41%.

Presiden Komisioner HFX International Berjangka Sutopo Widodo menjelaskan, dalam sepekan pergerakan rupiah memang masih rentan terhadap transformasi yang terjadi pada dolar GANDAR. Jadi secara umum dapat dikatakan pergerakan rupiah bergantung terhadap sentimen eksternal. Hal ini tercermin daripada penguatan rupiah setiap kali indeks dolar AS mencatatkan penurunan.

“Meskipun USD/IDR telah mengalami pembalikan bearish dengan tampaknya terjadi dalam beberapa hari terakhir, secara teknis rupiah masih terlihat rentan terhadap potensi pergerakan lebih tinggi. Tetapi selama hati pelaku pasar sedang membaik, rupiah berpeluang menguat, ” jelas Sutopo.

Baca Juga: IHSG merah pekan itu tertekan data deflasi September, ini proyeksi untuk pekan depan

Sutopo mencontohkan, kala sentimen pelaku pasar memburuk, rupiah pun melemah. Hal ini terlihat ketika inflasi utama Indonesia turun menjadi -0, 05%, rupiah kemudian ditutup terkoreksi. Sentimen lain pada pekan ini disebut Sutopo daripada Badan Pusat Statistik (BPS) dengan mengumumkan deflasi September, deflasi di tiga bulan berturut-turut.    

Sementara pada pekan depan, Sutopo menyebut jika laporan nonfarm payroll GANDAR ternyata membaik, ada kemungkinan rupiah untuk kembali melemah. Namun, bila data tersebut ternyata jelek, hendak berpotensi kembali menekan dolar AS yang bisa berimplikasi bagi penguatan rupiah. Sutopo pun memperkirakan rupiah akan diperdagangkan pada rentang Rp 14. 700 per dolar AS-Rp 14. 800 per dolar AS pada pekan depan.

Membaca Juga: Rupiah spot melemah 0, 20% ke Rp 14. 865 per dolar GANDAR di akhir perdagangan Jumat (2/10)

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat awak untuk menyajikan artikel-artikel yang bernas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Kamu, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja dalam KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong9deng –>
RUPIAH

gong9deng –>