Pasar komoditas berjangka positif, BBJ optimistis target kontrak akhir tahun makbul

Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Anna Suci Perwitasari

LANGSUNG. CO. ID –  JAKARTA . Kinerja pasar komoditi berjangka dinilai tetap positif di tengah lagu pandemi Covid-19. Buktinya,   Pasar uang Berjangka Jakarta (BBJ) optimistis berpunya tembus target pertumbuhan kontraknya pada pertengahan November 2020. Bahkan manajemen yakin mampu capai kontrak 9 juta lot di akhir tarikh.

Asal tahu saja, BBJ menargetkan pertumbuhan kontrak tahun ini sebesar 8, 25 juta lot ataupun naik 3, 9% di 2020. Sebagai gambaran, akhir tahun semrawut BBJ membukukan total transaksi perniagaan hingga 7, 94 juta lot. Angka tersebut meliputi transaksi multilateral 1, 46 juta lot dan bilateral sebanyak 6, 47 juta lot.

Untuk tahun ini, Direktur Utama BBJ Stephanus Paulus Lumintang  mengatakan, target kontrak multilateral yaitu 1, 75 juta lot, dimana per Oktober 2020 jumlahnya mencapai 1, 38 juta lot. Namun untuk transaksi bilateral tahun ini ditargetkan mencapai 6, 5 juta lit, dimana hingga Oktober jumlahnya sudah mencapai 6, 45 juta lot.  

Menyuarakan Juga: Bappebti balik blokir 137 domain ilegal sepanjang September 2020

“Pertumbuhan kontrak bilateral bahkan sudah tembus target di 3 November lalu, ” kata Paulus pada Kontan, Kamis (12/11).  

Berkaca dari kondisi tersebut, Paulus optimistis akhir tahun ini total persetujuan di bursa berjangka mencapai 9 juta lot. Sedangkan untuk bahan tahun depan, total kontrak diharapkan mampu mencapai 10 juta lot, dengan target kontrak multilateral 2 juta lot dan bilateral 8 juta lot.

Adapun faktor yang menjadi pemicu meningkatnya volume transaksi di Bursa Komoditi dalam 10 bulan terakhir, yakni pergerakan volatilitas pada harga emas Loco  London. Selain itu, sentimen pergerakan indeks bursa komoditas, nilai tukar ijmal dan pemilihan presiden AS turut mendorong kenaikan volume.  

“Apalagi, industri kita menjadi pilihan investasi yang lebih menarik dibandingkan perlengkapan lain, ” jelas Paulus.

Untuk itu, dia memprediksi total volume transaksi akan terpenuhi di rata-rata November 2020 nanti. Meskipun diakui tantangan terbesar tahun ini ialah bertahan dari dampak pandemi Covid-19.  

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Pertolongan Anda akan menambah semangat awak untuk menyajikan artikel-artikel yang berisi dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Kamu, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja pada KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong9deng –>
BURSA BERJANGKA JAKARTA (BBJ) / JAKARTA FUTURES EX

gong9deng –>