Prediksi analis terhadap IHSG di sedang penantian rilis PDB kuartal III 2020

Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA . Menguncup pekan ketiga Oktober 2020, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bangkit 0, 40% ke level 5. 122, 188. Namun, sepanjang minggu ini, IHSG hanya naik tipis 0, 17%.

Analis Philip Sertifikat Indonesia Michael Filbery  menilai pergerakan IHSG pekan lalu diipengaruhi oleh sentimen stimulus fiskal  Amerika Serikat (AS) untuk penanggulangan dampak ekonomi akibat Covid-19 yang masih belum mencapai titik temu.

Hal itu menyebabkan ekspektasi pasar atas percepatan pemulihan ekonomi AS akan redup. Sedangkan sentimen dari dalam kampung yang cukup menahan laju indeks adalah keputusan Kemenkeu untuk memajukan cukai hasil tembakau sebesar 17% di 2021.

Sementara untuk pekan depan, Michael memproyeksikan pergerakan IHSG bakal berada dalam rentang yang terbatas dan cenderung sideways karena tertinggal dua hari terakhir perdagangan di pekan terakhir Oktober ini.

Baca Juga: Simak rekomendasi saham emiten menara di tengah sentimen omnibus law

“Pasar masih menantikan rilis data ekonomi pribumi, terutama gross domestic product (GDP) Indonesia kuartal ketiga 2020, ” ujar Michael kepada Kontan. co. id, Minggu (25/10).

Adapun  Departemen Keuangan telah memprediksi pertumbuhan ekonomi nasional akan terkontraksi di tangga -1, 0% hingga -2, 9%. Artinya, Indonesia akan mengalami resesi untuk pertama kalinya dalam 22 tahun terakhir sejak krisis moneter 1998.

Proyeksi Michael, IHSG hendak bergerak pada level support 5. 084 dan resistance  5. 135.

Sementara itu, Analis Binaartha Sertifikat Muhammad Nafan Aji Gusta Istimewa mengatakan secara teknikal, level support maupun resistance IHSG pada perdagangan Senin (26/10) akan berada di level  5023. 89 hingga 5182. 53.

Berdasarkan indikator, MACD, Stochastic maupun RSI masih menunjukkan sinyal positif. Di sisi lain, terlihat pola upward bar yang mengindikasikan adanya potensi penguatan pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke resistance terdekat.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Percuma!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel dengan berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong13deng –>
PROYEKSI IHSG

gong13deng –>