Ruang dolar naik, rupiah bisa melemah lagi besok

Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN. CO. ID – JAKARTA . Nilai tukar rupiah berpotensi melemah lagi pada perdagangan Jumat akhir pekan ini (13/11). Dalam Kamis (12/11), mengutip data Bloomberg, rupiah melemah 0, 60% ke level Rp 14. 170 bagi dollar AS. Sedangkan pada kurs tengan Bank Indonesia (JISDOR) rupiah juga terkoreksi 0, 78% ke level Rp 14. 187 bola lampu dollar AS.

Analis HFX International Berjangka Ady Phangestu mengatakan, secara teknikal pelemahan rupiah berpotensi untuk berlanjut di akhir pekan tersebut. Faktornya karena penguatan indeks dollar AS yang rebound dari level US$ 92.

“Ini membuat dollar AS menguat terhadap sebagian besar lengah uang mayor lainnya, ” kata pendahuluan Ady kepada Kontan, Kamis (12/11).

Sementara itu, dari sentimen pribumi, ada perkembangan angka pertumbuhan penjualan ritel yang masih negatif. Sebagai informasi, penjualan ritel di September 2020 terkontraksi 8, 7% biar membaik dari bulan sebelumnya.

“Pelemahan rupiah bisa berlanjut ke Rp 14. 250 per dollar GANDAR atau bahkan sampai Rp 14. 430 per dollar AS. Untuk besok kemungkinan di rentang Rp 14. 000 per dollar tenggat dan Rp 14. 100 per dollar AS, ” ujar Ady.

 

 

SUMBANGAN, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas & bermanfaat.

Sebagai aforisme terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong11deng –>
PREDIKSI RUPIAH

gong11deng –>