Serapan perlindungan sosial paling besar, Bansos jadi fokus Jokowi 2021

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Noverius Laoli

KONTAN. CO. ID – JAKARTA . Serapan anggaran perlindungan sosial dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) menjadi yang terbesar.

Berdasarkan data Satgas PEN, penyaluran anggaran PEN melalui program pelestarian sosial telah mencapai Rp 176, 38 triliun atau sekitar 86, 51%. Angka tersebut dari mutlak pagu anggaran sebesar Rp 203, 9 triliun.

“Kami juga tahu secara bulan ke bulan program perlindungan sosial yang dipimpin oleh Pak Ari Batubara ini memang penetrasinya paling baik, ” ujar Ketua Satgas PEN, Budi Gunadi Sadikin, saat konferensi pers, Rabu (4/11).

Budi bilang, program perlindungan sosial akan menjadi fokus pada tahun 2021. Hal itu pantas dengan instruksi Presiden Joko Widodo dalam sidang kabinet paripurna.

Baca Juga: Ini perincian penyaluran anggaran PENA untuk perlindungan sosial

“Penyaluran PEN ini pada tahun depan harus segera dimulai sejak sekarang, harus dipersiapkan dibanding sekarang dan program bansos yang dikedepankan, ” terang Budi.

Sebelumnya, Jokowi menekankan pentingnya upaya menggenjot pertumbuhan ekonomi pada kuartal keempat. Jokowi berharap kuartal keempat ekonomi Indonesia bisa kembali positif.

Satu diantara upaya yang akan dilakukan ialah mendorong belanja. Terutama yang berselirat dengan konsumsi rumah tangga dengan amblas minus 4%.

“Sehingga menjadi kewajiban kita semuanya untuk menguatkan demand sehingga konsumsi ini akan menjadi lebih baik, ” nyata Jokowi.

Selain itu, persiapan biaya pada 2021 pun harus dikerjakan. Sehingga belanja kementerian dan lembaga dapat dilakukan lebIh cepat di kuartal pertama tahun 2021.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda bakal menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong13deng –>
BANSOS

gong13deng –>