Tahu persiapkan KPU jelang pilkada sewaktu

Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA . Penyelenggaraan pilkada serentak akan dilakukan di 9 Desember 2020 mendatang. Menjelang hari pemungutan suara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan sejumlah ancang-ancang.

Komisioner KPU I Dewa Dermaga Wiarsa Raka Sandi mengatakan, saat ini pihaknya tengah fokus merancang logistik pemilu dan mengupayakan supaya pendistribusian logistik tersebut sampai tepat waktu di Tempat Pemungutan Pandangan (TPS).

Kemudian, pihaknya mempersiapkan gabungan penyelenggara pemungutan suara (KPPS) agar bisa bertugas pada saat keadaan pemungutan suara. “Terkait dengan adat kesehatan termasuk APD, jadi kami telah berupaya berkoordinasi dan pula mempersiapkan fasilitasinya, mudah-mudahan hal itu dapat berjalan dengan baik, ” kata Dewa di graha BNPB, Jumat (4/12).

Ia memastikan seluruh petugas mendapat APD yang sempurna seperti face shield, hand sanitizer, wadah tangan, selama pelaksanaan pilkada. Kejadian ini menjadi perhatian utama sejak Pilkada diputuskan untuk tetap dilanjutkan. Dewa memastikan bahwa semua penyediaan akan sampai di TPS di dalam satu hari sebelum pemungutan pandangan.

Baca Juga: Bagi pemilih dengan guru tubuh 37, 3℃, berikut preskripsi mencoblos Pilkada 2020

“Kami sudah berkoordinasi secara jajaran sekretariat mudah mudahan ini terus bergerak dan pada prinsipnya H – 1 sudah jadi di TPS, ” ucap dia.

Dewa mengatakan, pihaknya tetap berupaya maksimal agar pemilih yang positif covid-19 dapat memberikan suaranya. Pengumpulan suara untuk pasien covid-19 nantinya akan berkoordinasi dengan Satgas covid-19, Dinas Kesehatan setempat dan semua pihak terkait.

Selain itu, untuk menghindari kerumunan di TPS, KPU menyiapkan skenario kedatangan pemilih. Misalnya, sebagian pemilih datang pada jam 07. 00 – 09. 00. “Kami mengatur demikian juga dengan jarak. Standar protokol mulai dari tiba di TPS sampai keluar, ” terang dia.

Komisioner Bawaslu Divisi Penindakan, Ratna Dewi Pettalolo mengatakan, pihaknya siap menjalakan perlindungan saat hari pemungutan suara. Perlindungan yang dilakukan diantaranya terkait penerapan protokol kesehatan selama pelaksanaan pemungutan suara hingga perhitungan suara dalam TPS.

Terkait keberadaan TPS, Ratna menyebut bahwa sebagian besar TPS biasanya berada di lapangan terkuak. Ia juga mengimbau agar KPPS memperhatikan kerumunan.

“Aturan kedatangan pemilih harus betul-betul dilaksanakan oleh aparat KPPS. Penting dipertimbangkan semakin indah sirkulasi udara TPS, meminimalisir terjadinya penyebaran covid-19, ” ujar Ratna.

Sebagai informasi, penyelenggaraan Pilkada serentak nanti akan diselenggarakan di 270 daerah. Yakni pemilihan gubernur – wakil gubernur, pemilihan walikota & wakil walikota, serta pemilihan tumenggung dan wakil bupati.

 

DONASI, Dapat Voucer Percuma!
Dukungan Anda akan menambah vitalitas kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas mengindahkan Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong9deng –>
PILKADA

gong9deng –>