Tak bisa ke dokter gigi? Jika cara mengobati sakit gigi tersebut

Tak bisa ke dokter gigi? Jika cara mengobati sakit gigi tersebut

KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Kamu perlu melakukan cara mengobati lara gigi sendiri saat tak mampu pergi ke dokter gigi. Ada beberapa cara yang bisa Anda coba, salah satunya menggunakan bahan-bahan alami. Selain menggunakan bahan alamiah, penting pula untuk mengetahui pasal sakit gigi.

Menurut American Dental Association atau ADA, ada beberapa pengantara sakit gigi yang umum berlaku. Pertama, sakit gigi yang dikarenakan gigi berlubang. Gigi berlubang terjadi saat makanan yang tersisa pada gigi bercampur dengan bakteri jadi menyebabkan plak.

Kedua, sakit gigi karena penyakit gusi dan abses. Ketiga, gigi yang tak bisa keluar lantaran gusi. Mengutip dari Insider, penyebab lara gigi lainnya adalah sinus, pukulan pada gigi (misalnya karena jatuh), atau iritasi. Jika Anda tak bisa ke dokter gigi, cobalah cara mengobati sakit gigi dibawah ini.

Tirta Garam

Berkumur dengan air sira bisa digunakan sebagai cara mengobati sakit gigi. Air garam bermanfaat untuk mengurangi infeksi dan inflamasi, membersihkan bakteri, serta mempercepat cara penyembuhan.

Baca Pula: Sering menderita gigi ngilu? Ini loh penyebab gigi ngilu yang wajib Anda cakap

Cara mengobati sakit gigi bisa Anda mulai dengan mencampur ½ sdt garam dan segelas air hangat. Kumur menggunakan campuran tersebut selama 20 hingga 30 detik. Ulangi jalan mengobati sakit gigi ini sebesar dua kali atau lebih datang sakit gigi berkurang.

Pasta Gigi Sensitif

Insider mengatakan bahwa pasta gigi sensitif diciptakan untuk mengatasi masalah gigi dengan keseluruhan sehingga bisa dimanfaatkan jadi cara mengobati sakit gigi.

Setelah menggosok gigi, aplikasikan pasta geraham sensitif di area gigi yang sakit. Lakukan cara mengobati melempem gigi ini sebanyak dua kali dalam sehari.

Baca Juga: 3 Jalan menghilangkan karang gigi secara natural

Minyak Cengkih

Jalan mengobati sakit gigi lainnya yang direkomendasikan Insider adalah menggunakan minyak cengkih. Caranya pun cukup mudah. Prima, letakkan sedikit minyak cengkih pada cotton bud. Lalu, tempatkan cotton bud tersebut pada gigi dengan sakit selama lima hingga 10 menit.

Obat Apotik

Insider mengatakan kalau ibuprofen dan acetaminophen cocok dijadikan cara mengobati sakit gigi. Ibuprofen berfungsi sebagai antiinflammatory dan acetaminophen dapat mengurangi rasa sakit. Bila Anda tak bisa ke dokter gigi, obat tersebut bisa Anda minum sesuai dengan dosis dengan disarankan.

gong2deng –>

Editor: Belladina Biananda