Tender offer selesai, Ungaran Sari Garments genggam 97, 16% saham Eratex Djaja

Reporter: Nur Qolbi | Editor: Herlina Kartika Dewi

LANGSUNG. CO. ID –  JAKARTA. Penawaran tender wajib PT Ungaran Sari Garments atas saham PT Eratex Djaja Tbk (ERTX) sudah selesai. Sesudah periode tender offer yang berlaku 25 Agustus 2020-23 September 2020, Ungaran Sari Garments membeli 20, 16 juta saham atau sebanding 1, 57% dari seluruh modal ditempatkan dan disetor penuh Eratex.

Sebelumnya, Ungaran Sari Garments membuka penawaran tender wajib sebanyak-banyaknya 56, 7 juta atau 4, 41% dari seluruh modal ditempatkan serta disetor penuh Eratex. Harga permohonan tender wajib ini sebesar Rp 135 per saham.

“Perseroan sudah melakukan pembayaran kepada pemegang saham yang berpartisipasi dalam penawaran tender wajib pada tanggal 5 Oktober 2020, ” kata manajemen Ungaran Sari Garments dalam ketebukaan data Bursa Efek Indonesia, Jumat (9/10).

Dengan begitu, setelah penawaran tender ini, kepemilikan Ungaran Sari Garments di ERTX meningkat dari 1, 23 miliar (95, 59%) menjadi 1, 25 miliar saham (97, 16%). Sementara itu, masyarakat cuma menggenggam 36, 54 juta (2, 84%), berkurang dari sebelumnya 56, 7 juta (4, 41%).

Baca Juga: Harga tender offer saham Eratex Djaja (ERTX) Rp 135

Sebagai pengingat, penawaran tender wajib ini dilakukan karena Ungaran Sari Garments telah mengambil saham ERTX yang diambil alih dari PT Buana Indah Garments pada tanggal 30 Juni 2020. Jumlahnya mencapai 1, 19 miliar saham atau setara 92, 39% dari seluruh modal ditempatkan serta disetor penuh.

Sebelum membeli bagian yang diambil alih, Ungaran Sari Garments adalah pemegang saham minoritas di Eratex dengan kepemilikan saham sebanyak 41, 26 juta atau 3, 2%. Dengan begitu, pengambilalihan saham ini menjadikan Ungaran Sari Garments sebagai memegang saham kebanyakan dan pengendali baru Eratex.

Alhasil, Ungaran Sari Garments dapat dengan langsung mempengaruhi pengelolaan dan kebijakan Eratex, termasuk dalam manajemen, buatan, pemasaran, administrasi, dan keuangan.  
Berdasarkan catatan Kontan. co. id, melalui pengambilalihan ini, Ungaran Sari Garments dan Eratex telah memiliki sejumlah tujuan dalam menggelar bisnisnya.

Pertama, memperluas basis konsumen bagi Eratex dan Ungaran Pati Garments. Kedua, meningkatkan jumlah produksi yang akan ditawarkan kepada konsumen. Ketiga, meningkatkan efisiensi operasi perusahaan secara keseluruhan dengan mengkombinasikan kepandaian terbaik Eratex dan Ungaran Sari Garments.

Keempat, mengkonsolidasikan unit-unit kerja Eratex dan Ungaran Sari Garments sehingga menciptakan efisiensi biaya operasional. Terakhir, mengkonsolidasikan laporan keuangan secara grup usaha sehingga dapat membangun Eratex dan Ungaran Sari Garments untuk mendapatkan sumber-sumber pembiayaan yang lebih baik.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Pertolongan Anda akan menambah semangat awak untuk menyajikan artikel-artikel yang bernas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Kamu, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong9deng –>
TENDER OFFER

gong9deng –>