Tersedia pandemi, capex Indocement Tunggal Ingatan (INTP) baru terpakai 50%

Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Anna Kudus Perwitasari

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA . PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) telah menyerap belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar 50% dari mutlak capex tahun ini yang dianggarkan mencapai Rp 1, 1 triliun.

Antonius Marcos, Sekretaris Perusahaan INTP mengatakan, sebagian besar capex terserap untuk proyek rehabilitasi power plant pada pabrik INTP yang terletak dalam Tarjun, Kalimantan Selatan. Selain tersebut, capex juga digunakan untuk penyelesaian proyek bag filter di salah satu pabrik INTP di Citeureup serta juga untuk menyelesaikan project  fasilitas pengakuan Refused Derived Fuel (RDF).

“Terkait dengan alokasi belanja modal, sejauh ini masih sejalan dengan perbaikan capex yang telah kami kerjakan yaitu menjadi Rp 1, satu triliun, ” kata dia pada Kontan. co. id.  

Baik sudah dipangkas, anggaran capex tarikh ini masih lebih besar ketimbang realisasi capex pada tahun 2019 yang hanya Rp 1 triliun.

Baca Juga: Prospek Indocement (INTP) memasukkan pertumbuhan ekonomi

Asal tahu saja, sebelumnya INTP mengalokasikan capex untuk tahun ini sebesar Rp 1, 4 triliun. Namun, INTP memangkas besaran biaya modal seiring dengan merebaknya virus corona (Covid-19) di dalam negeri.

Per Juli 2020, total penjualan semen INTP sudah sekitar 1. 5 juta ton semen. Marcos mengatakan, realisasi ini lebih mulia 11% dibanding dengan bulan cerai-berai.  

Adapun penjualan semen INTP sepanjang semester I-2020 sebesar 7, 2 juta ton. Bila diakumulasikan, maka volume penjualan INTP sepanjang tujuh bulan pertama 2020 mencapai 8, 7 juta ton.  

Sementara itu, dalam enam kamar pertama tahun ini, INTP menerbitkan laba bersih sebesar Rp 479, 03 miliar. Realisasi ini turun 26, 5% bila dibandingkan secara torehan laba bersih INTP di semester I-2019 yang mencapai Rp 640, 03 miliar.

Pendapatan emiten produsen semen merek Tiga Jentera ini juga menurun. Tercatat, INTP membukukan pendapatan senilai Rp 6, 17 triliun, turun 11, 5% dari realisasi periode yang sesuai tahun sebelumnya, yang mencapai Rp 6, 98 triliun.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih akan perhatian Anda, tersedia voucer percuma senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong11deng –>
INDUSTRI SEMEN

gong11deng –>