Uber dan SK Telekom bentuk kongsi patungan senilai US$ 150 juta di Korea Selatan

Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Handoyo.

KONTAN. CO. ID –  WASHINGTON . Mencari Technologies Inc berencana untuk menginvestasikan US$ 150 juta ke di usaha patungan dengan SK Telekom Co. di Korea Selatan, dalam upaya untuk memperluas layanannya dan menghilangkan tekanan persaingan dan susunan di negara tersebut.  

SK Telecom berencana untuk memisahkan perjalanan atau peta-nya dan unit T-Mobility pada 29 Desember 2020, untuk lebih memaksimalkan layanan kepada bertambah dari 200. 000 pengemudi & 750. 000 pengguna taksi per bulan. Perusahaan ini kemudian hendak membentuk usaha patungan pemesanan mobil denan Uber, yang akan menanamkan US$ 100 juta untuk 51% saham.  

Sementara Uber akan menginvestasikan dana sebesar US$ 50 juta untuk T Map Mobility itu sendiri. Melansir artikel Bloomberg, Jumat (16/10), kedua perusahaan itu diperkirakan mulai beroperasi pada cucuk pertama tahun depan. Kemitraan tersebut muncul saat Uber sedang menjajaki pula kesepakatan yang dapat memperluas layanannya di luar pasar yang sudah mapan.  

Baca Juga: Ini lah 5 strategi menjaga dan mengembangkan bisnis di era pandemi

Sebelumnya, Uber sedangkan mempertimbangkan pembelian Daimler AG serta usaha patungan BMW AG, Free Now dalam kesepakatan yang mampu meningkatkan pangsa pasarnya di Eropa dan Amerika Latin.  

Sementara itu, bisnis yang dijajal Uber dan SK dengan meluncurkan platform mobilitas merek bersama ini cuma tinggal menunggu persetujuan regulator. Masa telah rampung, artinya Uber akan melawan Kakao Corp yang saat ini mengoperasikan layanan mobilitas terbesar di Korea Selatan. Hal tersebut bisa menjadi titik balik ekspansi Uber di Asia, setelah kurang kali dinilai gagal.  

 


–> Video Pilihan gong9deng –>
MERGER

gong9deng –>