Urusan corona di Korea Selatan menyusun, dokter setuju untuk berhenti lumpuh kerja

Sumber: Reuters | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN. CO. ID –  SEOUL. Perdana Menteri Korea Selatan Chung Sye-kyun menyebut sinse di negara tersebut telah akur untuk mengakhiri pemogokan yang telah dilakukan selama dua minggu demi menghambat gelombang baru infeksi virus corona.

Kesepakatan ini tercapai setelah pembicaraan mengenai rencana reformasi medis pemerintah.

Sebelumnya sekitar 16. 000 dokter magang dan residen telah mogok sejak 21 Agustus. Sinse peserta pelatihan adalah tulang punggung layanan perawatan kesehatan di bagian gawat darurat dan unit perawatan intensif, dan menjadi sukarelawan dalam stasiun pengujian sementara.

Baca Juga: Langsung bertambah, ini daftar 18 negeri yang sudah resesi

Para dokter menentang rencana reformasi, yang mencakup peningkatan total dokter, membangun sekolah kedokteran ijmal, mengizinkan asuransi negara untuk menanggung lebih banyak pengobatan oriental, serta memperluas telemedicine .

Pemerintah mengatakan inisiatif tersebut bisa membantu menangani krisis kesehatan serupa virus corona dengan lebih indah.

Tetapi para dokter berpendapat itu hanya akan memperdalam konsentrasi sinse di kota-kota tanpa memperbaiki infrastruktur medis yang buruk dan iklim kerja di provinsi pedesaan.

Chung mengatakan pemerintah, partai yang berpengaruh dan Asosiasi Medis Korea yang mewakili industri tersebut telah menyentuh kompromi dramatis setelah negosiasi yang panjang.

Baca Selalu: AS: Negara-negara gabungan kami akan bergabung melawan China

“Saya meminta mereka akan menandatangani kesepakatan keadaan ini dan para dokter hendak segera kembali ke tempat itu, ” kata Chung.


–> Video Pilihan gong9deng –>
KOREA SELATAN

gong9deng –>